bunga langka

bunga langka

Tuesday 28 July 2015

Bunga Langka di Dunia

Jenis - Jenis Bunga Langka di Dunia


Dunia yang semakin tua usianya dan mengalami bernagai macam musim mengakibatkan banyaknya tumbuh - tumbuhan yang punah.
Berikut ini adalah beberapa jenis bunga yang sudah jarang bahkan sulit kita temui alias langka :


1. Sarang Semut

Nama lain tumbuhan ini adalah Myrmecodia Pendans. Mengapa diberi nama ‘Sarang Semut’? Tanaman ini merupakan tempat favorit para semut yang tinggal di dalam batang pohon. Tak mudah menemukannya, lokasi tanaman jauh di atas tanah. Sarang Semut merupakan tumbuhan epifit asal Papua, lebih sering ditemukan menempel pada pohon besar setinggi 8 meter. Lebih mudah ditemukan pada pohon besar yang tumbuh diatas ketinggian 1100-2500 dari permukaan laut.

2. Edelweis



Satu lagi tanaman langka di Indonesia yang bernama latin, Anaphalis javanica. Meskipun telah dipetik dari tangkai, bunga Edelweis tidak langsung layu. Tanaman Edelweis bisa tumbuh hingga ketinggian 8 meter dan tebal batang sebesar ukuran kaki manusia. Lebih sering dijumpai sekitar daerah pengunungan Lombok, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan dan Jawa.

3. Kantong Semar


Jenis tanaman karnivora dan bentuknya mirip kantong. Kantong Semar menangkap serangga dengan meletakkan kelenjar nectar di bagian tutup kantong. Serangga yang terjebak akan diserap nutrisinya oleh tanaman. Selain ditemukan sekitar daerah Indonesia, tanaman bernama unik ini juga bisa ditemui sekitar daerah Asia Tenggara.

4. Rafflesia Arnoldii






Sebuah tanaman langka di Indonesia yang juga dianggap sebagai bunga terbesar dunia. Pertama kali ditemukan sekitar tahun 1818 di daerah Sumatera, terutama sekitar hutan tropis Bengkulu. Tak heran bila salah satu provinsi Bengkulu dikenal dengan nama The Land of Rafflesia. Selain provinsi Bengkulu, tanaman bisa dijumpai sekitar Sumatera Selatan dan Jambi.

5. Bunga Bangkai




Salah satu tanaman langka di Indonesia yang hanya bisa dijumpai sekitar daerah Sumatera. Tanaman mengeluarkan bau tak sedap dan tumbuh dalam dua fase kehidupan yang saling bergantian. Bunga Bangkai dikenal dengan nama Latin Amorphophallus titanum atau Titan Arum.


6. Kokai Cookei


kokai
Merupakan pohon endemik yang berasal dari Hawaii. Ditemukan pada tahun 1860 yang pada saat itu hanya ada 3 spesimen saja. Pohon ini sangat sulit untuk berkembang biak, pada 1950 setelah bibit mati maka pohon ini dianggap telah punah. Pada 1978, terjadi kebakaran yang menhancurkan satu-satunya pohon yang selamat yang ditemukan pada tahun 1970. Beruntungnya, salah satu cabang dari pohon yang tersisa masih bisa diselamatkan dan berhasil dicangkokkan. Hingga saat ini masih ada 23 pohon yang hidup dan kesemuanya berada di Hawaii. Pohonnya kecil, dengan ukuran tinggi 10 – 11 meter. Warna merah menyala kelopaknya sangat menyolok, dan terlihat sekilas seperti bunga sepatu.

7. Gibraltar Campion


Memiliki nama ilmiah Silente Tomentosa, spesies bunga ini sangat langka dan hanya bisa ditemukan di tebing-tebing tinggi di Gibraltar. Tanaman cantik ini diyakini telah punah di luar Gibraltar pada tahun 1980 an namun masih ada beberapa spesimen tersisa yang dapat ditemukan. Pada 1994, sebuah spesimen tunggal berhasil ditemukan oleh seorang pendaki tebing yang tidak dapat dijangkau, dengan begitu, masih ada harapan untuk spesies itu hidup kembali. Benihnya kemudian disebarkan di bank benih Milenium dan kini tumbuh di The Almeda Gibraltar Botanic Gardens serta Royal Botanic Gardens di London.

8. Lotus Berthelotii


Bentuknya yang menyerupai paruh burung Kakatua, menjadikan ia sering disebut sebagai bunga Paruh Kakatua. Sudah digolongkan dalam kategori bunga langka sejak tahun 1884 dan diyakini telah benar-benar punah di alam liar. Tanaman endemik dari Kepulauan Canary ini penyerbukannya dibantu oleh burung Sunbird yang juga diketahui telah lama punah di Kepulauan Canary. Pantas saja jika tanaman menakjubkan ini langka. Percobaan tentang penyerbuk baru bunga-bunga ini sudah dilakukan untuk melawan kelangkaan tanaman ini dan membawanya kembali ke Kepulauan Canary. Namun pada tahun 2008, tidak ada buah yang berhasil diproduksi sama sekali.

9. Jade Vine


Memiliki nama lain Strongylodon Macrobotrys, bunga ini adalah bunga yang hidup di habitat hutan hujan tropis di Filipina. Pohon bunganya termasuk anggota keluarga kacang-kacangan yang memiliki hubungan erat dengan kacang merah. Bunganya berbentuk seperti cakar yang tumbuh menggantung dari ranting-ranting pohonnya. Panjangnya bisa mencapai tiga meter, warnanya sangat khas dan indah, yakni variasi warna hijau kebiruan dan hijau mint. Sayangnya, bunga berwarna unik ini sangat langka dan sangat sulit untuk berkembang biak dan dianggap sebagai spesies yang terancam punah akibat perusakan habitat dan penurunan penyerbuk alami.

10. Cosmos Atrosanguineus


Disebut juga dengan bunga Kosmos Cokelat, karena memiliki warna merah gelap sampai cokelat. Bunga ini merupakan salah satu spesies bunga Cosmos yang berasal dari negeri telenovela, Meksiko. Sempat dinyatakan punah di alam liar selama kurang lebih seratus tahun. Spesies bunga ini bertahan sebagai klon bunga tunggal infentil yang diciptakan tahun 1902 melalui pengembangbiakkan vegetatif. Bunga yang dihasilkan berdiameter 3 – 4 cm dengan aroma vanili.

11. Epipogium Aphyllum


Dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Anggrek Hantu. Ini mungkin karena bentuknya yang mirip hantu. Jika anda perhatikan, bentuknya memang menyerupai Casper, tokoh hantu dari film kartun Casper. Anggrek Hantu atau The Ghost Orchid adalah sejenis anggrek langka yang terdapat di wilayah barat daya Florida, Amerika Serikat, Cuba dan Kepulauan Karibia. Tanaman ini memiliki banyak sekali nama, antara lain Palm Polly, White Frog (Anggrek Katak Putih) dan White Butterfly (Anggrek Kupu-kupu putih). Nama botaninya adalah Dendrophylax Lindenii dalam klasifikasi Polyrrizza. Nama spesifiknya adalah Lindenii yang diambil dari nama penemunya, Jean Jules Linden, yang juga seorang kolektor tanaman dari Belgia. Bukan hanya bunganya yang unik, daun dan tagkainya juga sangat unik karena berjumlah sangat sedikit sedangkan akarnya sangat rimbun. Anggrek ini juga sempat diangkat ke dalam sebuah karya novel berjudul “The Orchid Thief” karya Susan Orlean.

12. Middlemist Camelia


Tanaman yang satu ini sangatlah cantik dengan warna merah peach, bentuk kelopaknya yang rimbun dan terlihat seperti bunga Mawar. Disebut juga dengan Middlemist Merah, yang merupakan tanaman berbunga paling langka di dunia karena hanya ada 2 sampel saja. Salah satunya terletak di sebuah taman bunga rumah kaca di Inggris dan satu lainnya berada di Selandia Baru. Mulanya, tanaman ini dibawa ke Inggris oleh John Middlemist dari Cina pada tahun 1804. Sejak itu tanaman ini kemudian menjadi benar-benar punah dan tak ada bekasnya di Cina. Namun tanaman yang dibawa ke Inggris tetap tumbuh berbiak selama bertahun-tahun.


13. Black Rose ( Mawar Hitam )

Dalam banyak cerita dan mitos, bunga mawar hitam sering dikaitkan dengan ilmu hitam atau dunia vampir. Ada juga yang mengatakan bahwa bunga mawar hitam adalah simbol cinta mati. Anda ingin memiliki bunga langka ini? Datanglah ke Halfeti, Turki.
Bunga mawar hitam banyak tumbuh subur di daerah Halfeti. Mengapa bisa ada mawar hitam di sana? Karena daerah Halfeti memiliki kondisi tanah yang langka dan berbeda dengan daerah lain. Iklim di sana juga dipengaruhi oleh sungai Efrat. Perpaduan inilah yang membuat mawar yang tumbuh di sana cenderung berwarna magenta tua atau ungu tua mendekati hitam.

14. Pelican Flower (Aristolochia grandiflora)


Tanaman ini sangat menarik, tapi jangan terlalu dekat, atau Anda tidak akan mendapatkan bau bangkai tikus keluar dari hidung Anda selama berjam-jam. Tidak seperti tanaman karnivora Nepenthes attenboroughii, mereka hanya menggunakan bau busuk untuk menarik penyerbuk.

15. Wijaya Kusuma




Bunga wijayakusuma (Epiphyllum oxypetalum) disebut juga sebagai bunga ‘ratu malam’ dan bakawali (Melayu). Dalam bahasa Inggris kerap dinamai sebagai Dutchman’s Pipe, kardable, dan Night Queen. Nama latinnya, Epiphyllum oxypetalum, mempunyai beberapa sinonim, diantaranya adalah :
  • Cactus oxypetalus Moc. & Sessé ex DC.
  • Cereus latifrons Zucc.
  • Cereus oxypetalus DC.
  • Epiphyllum acuminatum K.Schum.
  • Epiphyllum grande (Lem.) Britton & Rose
  • Epiphyllum latifrons (Zucc.) Pfeiff.
  • Epiphyllum oxypetalum var. purpusii (Weing.) Backeb.
  • Epiphyllum purpusii (Weing.) F.M.Knuth
  • Phyllocactus acuminatus (K. Schum.) K. Schum.
  • Phyllocactus grandis Lem.
  • Phyllocactus latifrons (Zucc.) Link ex Walp.
  • Phyllocactus oxypetalus (DC.) Link
  • Phyllocactus purpusii Weing
  •  
  •  
    • Bunga wijayakusuma mempunyai khasiat untuk meredam rasa sakit serta menetralisir pembekuan darah. Bunga ini juga mempunyai daya mempercepat penyembuhan luka abses. Caranya mudah, tinggal menumbuk satu helai daun wijayakusuma lalu oleskan pada luka dan setelah itu gunakan perban untuk membungkus luka yang telah diolesi tumbukan daun. Selain itu, bunga ini juga dapat mengobati bisul, cukup menempelkan bunganya pada bisul tersebut sebelum tidur dan melakukannya secara teratur. Selain itu, Wijayakusuma bisa digunakan sebagai obat anti radang, obat batuk, juga pendarahan (hemostatis). Khasiat lainnya adalah mengatasi tuberkulosis paru dengan batuk asma, batuk darah dan muntah darah.

 Demikianlah sekedar informasi yang saya ketahui semoga bermanfaat.

No comments: